Analisis Tata Niaga Telur Puyuh Milik Bapak Budi di Desa Lopang Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30736/asj.v4i04.76Keywords:
Pemasaran, Tata Niaga, Telur PuyuhAbstract
Tujuan dari penelitian ini iyalah untuk memahami alur dsitribusi tataniaga telur puyuh milik bapak budi, unsur-unsur pemasaran yang terlibat, share keuntungan yang di dapat pedagang dan efisiensi pemasaran yang di peroleh peternak telur puyuh. Metode yang digunakan yakni metode sampling (purposive random sampling dan proposional random sampling. Data di dapat dengan melaksanakan observasi dan interview langsung kepada peternak beserta unsur yang terlibat dalam pemasaran. kemudian dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alur distribusi yang terbentuk terdapat satu pola yaitu pola I. untuk pola I didominasi pedagang besar (pengepul), pasar (penjual dan pengecer), peagang pengecer (toko) kemudian konsumen. Unsur-unsur pemasaran yang terlibat diantaranya adalah Peternak telur puyuh ( produsen) - Pedagang Besar (prngepul)-Pasar (penjual dan pengecer)-pedagang pengecer (toko) dan konsumen. Share keuntungan yang diperoleh pedagang tertinggi adalah pedagang pasar (penjual dan pengecer) yakni sebesar (7,0%) dikarenakan pedagang ini membeli telur puyuh dari pedagang besar (pengepul) dengan harga Rp. 21,000/Kg. Kemudian dijual kembali kepada konsumen akhir/konsumen di pasar maupun kepada pedagang pengecer (toko) dengan harga Rp.22.000/Kg (menyesuaikan harga pasar), Sedangkan Share keuntungan terendah di peroleh pedagang pengecer (toko) dikarenakan unsur ini membeli telur puyuh dengan harga Rp. 22.000 – 23.000/Kg dari pedagang pasar (penjual dan pengecer) dan dijual kembali kepada konsumen dengan harga Rp.22.000-2300/Kg + kerugian yang didapat karna kebusukan telur maupun pecah saat perjalanan, jadi semakin besar populasi ternak maka semakin efisien pemasaran yang diterima oleh peternak.
Downloads
References
Agromedia, 2009. Bertanam Jamur Konsumsi. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka
Anonymous, 2012. Green Education Centre. http:// budidaya-sorgum.html Diakses tanggal 30 Juni 2012
Abd. Rahim dan Diah Retno Dwi Hastuti 2008, Pengantar, Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta. 204 hlm
Abdul Halim dan Bambang Supomo.(2005). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Daniel, Moehar .2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta : Bumi Aksara
Downey, W. David. dan P. E. Steven. 1987. Manajemen Agribisnis. Penerbit Erlangga, Jakarta.495 hal.
Depdiknas .2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta ;Balai Pustaka.
Echdar, S. (2013). Manajemen Entrepreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Jogyakarta: Penerbit Andi.
Jumiati, dkk. 2013. Analisis Pemasaran dan Margin Pemasaran Kelapa dalam di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal Agrifor Vol.VII No.1. Fakultas Pertanian. Universitas Borneo. Tarakan
Kotler, Philip. (1992). Marketing, jilid 1. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo
Kohls, R.L. and Uhl J.N. 2002. Marketing of Agicultural Products. Ninth Edition. Macmillan Company. New York.
Listiyowati, E. Dan Kinanti R., 2009. Beternak Puyuh Secara Komersial.Panebar Swadaya, Jakarta.Peternakan Sriwijaya (JPS) 1, 55-64 | vol: | issue : | 2012
Sudaryati. N.L.H., dkk. 2007. Pemanfaatan Sedimen Perairan Tercemar Sebagai Bahan Lumpur Aktif dalam Pengolahan Limbah Cair Industri Tahu. Denpasar: Universitas Udayana. 3 (1) : 21 – 29
Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Malang: Universitas Muhamadyah Malang
Sihombing, T. P.2011, Studi Kelayakan Pengembangan Usaha Pengolahan Kopi Arabika (studi kasus PT. sumatera speciality coffees). Bogor : Institut Pertanian Bogor
Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Malang: Universitas Muhamadyah Malang
Sugiyono. (2003). Metode penelitian administrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sutarno. 2014. “Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Wonogiri”. e- Journal Agrineca. 14 (1): 1-10
Taswan. 2006. Manajemen Perbankan, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Triyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sarvian Taat, Edy Susanto, Muridi Qomaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.