Analisis Pemasaran Kambing Peranakan Etawa Di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan

Authors

  • Mohamad Akbar Ryo Criswanto Fakultas Perikanan dan Peternakan Universitas Islam Lamongan
  • Edy Susanto Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Arif Aria Hertanto Fakultas Perikanan dan Peternakan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/asj.v6i02.145

Keywords:

Analisis Pemasaran, Kambing, Peranakan Etawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran usaha ternak Kambing di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 5 Maret - 20 Maret 2024. Metode penelitian ini menggunakan survei lapangan, yaitu proses
pengumpulan data dari survei dengan menggunakan metode kuesioner atau wawancara yang ditujukan kepada 10 orang peternak yang ada di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Dengan jumlah populasi 12 - 50 ekor per peternak. Hasil penelitian menunjukan bahwa margin dari penjualan kambing di Kecamatan Sukodadi pada saluran
pemasaran I adalah Rp 0 per ekor. Hasil analisis margin pada saluran pemasaran II menunjukkan Rp 200.000 per ekor jantan dan Rp 200.000 per ekor betina. efisiensi penjualan kambing di Kecamatan Sukodadi memiliki nilai kurang dari 1, sehingga dapat dikatakan efisien. Saluran pemasaran yang paling efektif adalah saluran pemasaran I nilai efisiensi untuk saluran I adalah 0, yaitu dari produsen langsung ke konsumen

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiti, 2018. Pengantar Ilmu Peternakan. Universitas Marwadewa. Bali. 9-20. Bangun.

Dinas Petetrrnakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan. 2023 (Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lamongan, 2023.

Damanik, S.E. 2019. Buku Ajar Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan. Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Lasaharu, N., Laya, N. K., & Boekoesoe, Y. (2020). Analisis Pemasaran Sapi Potong ( Analysis of Marketing in Beef Cattle ). Jambura Journal of Animal Science, 2(2), 62– 75.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hazara Cipta Pesona. Jurnal Ilmiah Nasional, III(1), 60- 74.

Pranatagama, M. F. (2015). Efisiensi Dan Bauran Pemasaran Usahatani Kacang Tanah Di Desa Darungan Kecamatan Tanggul KabupatenJember.

Panekanan J. O., J. C. Loing, B. R. Pandey dan P. O. V. Waleleng. 2013. Analisis keuntungan usaha beternak puyuh di Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa. Zootek, Jurnal, 32 (5) : 1-10.

Rusdiana, S. Dkk. (2014).Penentuan Marjin Pemasaran Ternak Kambing Di Tingkat Petani Ternak Dalam Analisis Ekonomi. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 782–794.

Riswandi, and R. A. Muslima. 2019. Manajemen Pemberian Pakan Ternak Kambing Di Desa Sukamulya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Peternakan Sriwijaya. 7 (2): 24–32.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung:

Tribudi, Y A 2017 Analisis Ekonomi Sapi Potong Pola Gaduhan : Studi Kasus di Desa Slorok Kecamatan Kromengan , Kabupaten Malang , Jawa Timur. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 30–48.

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2024-11-29

How to Cite

Criswanto, M. A. R., Susanto, E., & Hertanto, A. A. (2024). Analisis Pemasaran Kambing Peranakan Etawa Di Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. International Journal of Animal Science, 6(02), 46–51. https://doi.org/10.30736/asj.v6i02.145

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>