Analisis Penerapan Manajemen Agribisnis dan Pemasaran Ternak Domba Pada Peternakan Rakyat di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan

Authors

  • Mustaqim Hamdan Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Edy Susanto Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Arif Arya Hertanto Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i03.49

Keywords:

Agribusiness Management, Livestock Marketing, Sheep

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang penerapan manajemen agribisnis dan pemasaran ternak domba pada peternakan rakyat di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan, apakah metode ini berkembang dengan baik di masyarakat, karena secara konseptual agribisnis sudah dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat yang berkecimpung di sektor peternakan. Materi yang dilakukan adalah wawancara kepada responden peternak domba sebanyak 60 orang. Dengan menggunakan metode survey dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Variabel yang diamati adalah penerapan manajemen agribisnis dan pemasaran ternak domba. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan manajemen agribisnis ternak domba di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan dari sisi unsur subsistem, a) agribisnis hulu : Sarana Prasarana 60%, bibit 20%, pakan 20%, obat-obatan 5%, b) agribisnis On Farm : intensif  75%, c) agribisnis hilir : jual hidup 100%, jual daging 5%, jual produk olahan 1,7%, dan d) jasa layanan pendukung : keswan 0,00%, bantuan pemerintah 0,00%, lembaga keuangan 8,3%, penyuluhan 0,00%. Metode pemasaran ternak domba di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan mayoritas masih dilakukan menggunakan metode taksiran/jogrogan dengan persentase 96,6%, dengan jalur pemasaran mayoritas melalui bakul/blantik lokal sebanyak 70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar. 1994. Teknologi penyimpanan dan pengemasan hasil ternak (dukungan terhadap agroindustri komoditi ternak). Pros. Pertemuan Ilmiah Hasil Penelitian Peternakan Lahan Kering. Batu-Malang,26-27 Oktober1994. Sub balai Pengkajikan Teknologi Grati.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan, 2014.

Bahri, Sjamsul. 1994. Residu Obat Hewan pada Produk Ternak dan Upaya Penanganannya. Disajikan pada Lokakarya Obat Hewan dan Musyawarah Nasional III Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI). Jakarta tanggal 5-6 Desember 1994.

Basu Swastha, DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty: Yogykarta.

Blakely, J. dan D.H. Bade. 1991. Ilmu Peternakan. Edisi Keempat. Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.

Cahyono, B., 1998. Beternak Domba dan Kambing. Kanisius. Jakarta.

Cyrilla, L., dan Ismail. A., 1998. Usaha Peternakan. Diktat Kuliah. Jurusan Sosial Ekonomi. Fakultas Peternakan. IPB, Bogor. Craven, D.W. 1994. Strategic Marketing. 4 th Ed. Irwin. Chicago.

Dinas Peternakan DKI Jakarta. 2001. Statistik Peternakan. Dinas Peternakan Propinsi DKI Jakarta. Jl. Gunung Sahari. Jakarta Pusat.

Ditjennak, 2009. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Peternakan 2010-2014. Direktorat Jenderal Peternakan, Departemen Pertanian, Jakarta.

Doll, John, P. and Orazem, Frank. 1980. Production Economics. New York: John Wiley and Sons.

Fatturochman, M. 2006. PengembanganAgribisnis Melalui Kelompok Peternak Domba di Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Fakultas Peternakan. Universitas Padjadjaran.

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryadi, F.T. 1998. Efektivitas penyuluhan sapta usaha peternakan sapi potong pada dua model perkampungan ternak. Buletin Peternakan 23(3):11-19. Fakultas Peternakan UGM.

Kartasapoetra. 1991. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bina Aksara. Jakarta.

Koentjaraningrat, 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Gramedia Pustaka Utara. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Prawirokusumo, Soeharto., 1990, Ilmu Usaha Tani, BPFE, Yogyakarta.

Priyono, 2010. Efisiensi Ekonomi. http://rac.uii.ac.id. Diakses pada tanggal 19 Mei 2010.

Siregar, S. Amri. 2009. Analisis Pendapatan Peternak Sapi Potong Di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Skripsi Jurusan Ilmu Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Sumatea Utara.

Sodiq, A., 2000. Ewe and Doe Productivity under Village and Improved Management System. In: International Symposium Cum Workshop Sustainable Development in the Context Globalization and Locality. Sept. 18-22, 200, Bogor, Indonesia.

Sodiq, A. and Tawfik, E.S., 2004. Productivity and breeding strategies of sheep in Indonesia. J. of Agric. and Rural Dev. in the Tropics and Subtropics, 105(1):71-82.

Soedjana, T.D., 1993. Produksi Kambing dan Domba di Indonesia: Ekonomi Pemeliharaan Ternak Ruminansia Kecil. Sebelas Maret University Press. Surakarta Indonesia.

Soedjana, T.D. dan Knipscheer, H.C., 1983. Beberapa Aspek Produktivitas Ekonomik Usaha Ternak Domba di Desa Sukawargi Kecamatan Cisurupan, kabupaten Garut. Ilmu dan Peternakan, 1(3):107-111.

Wulansih Sri. 2013. Analisis Pemasaran Domba di Peternakan Rakyat Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2019-07-01

How to Cite

Hamdan, M., Susanto, E., & Hertanto , A. A. (2019). Analisis Penerapan Manajemen Agribisnis dan Pemasaran Ternak Domba Pada Peternakan Rakyat di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. International Journal of Animal Science, 2(03), 75–82. https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i03.49

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>