Analisa Tata Niaga dan Keuntungan Pemasaran Sapi Potong di Koperasi Ternak Gunungrejo Makmur Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan

Authors

  • Sonny Isnanda Adi Pratama Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Mufid Dahlan Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Alfian Adi Atma Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/asj.v4i04.77

Keywords:

Sapi Potong, Tata Niaga, Pemasaran

Abstract

Tata niaga Pemasaran pada sektor peternakan sebagai salah satu kegiatan lanjutan dari proses produksi, kegiatan pemasaran berperan penting pada sektor peternakan, pemasaran dibutuhkan dalam menyampaikan produk langsung pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran tata niaga, margin keuntungan/pemsaran, dan tingat efisiensi saluran tata niaga oleh peternak dan jagal sapi potong di Koperasi ternak Gunungrejo Makmur Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. Metode penelitian menggunakan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saluran pemasaran sapi potong di Koperasi Gunungrejo Makmur Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan terdapat 3 pola saluran pemasaran. Dari seluruh pola pemasaran I, II, dan III total margin paling tinggi diperoleh pada saluran pemasaran III yaitu sebesar Rp.18.300/kg, sedangkan total margin pemasaran paling rendah diperoleh pada saluran I sebesar Rp.13.900/kg.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badriah .Nuril dan Purnomo. Nurudin. Ahmad. 2014. Studi Perbandingan Peran Makelar Dalam Jual Beli Sapi Potong Di Pasar Hewan Kecamatan Tikung Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. https://jurnalternak.files.wordpress.com/ 2014/ 07/jurnal- vol-5-no-1-2014.pdf. Diakses tanggal 11 Januari 2015.

Data Unit Pasar Hewan dan Maduran. 2015. Program Kerja Tahun 2015. Perusahaan Daerah Pasar Unit Pasar Hewan dan Maduran Kabupaten Lamongan.

Lamongankab.bps.go.id.2013.BPS kabupaten lamongan. http://lamongankab.bps.go.id /?hal=publikasi_detil &id=82.344sapipotong dinas peternakan lamongan. Diakses tanggal 09 Januari 2015.

Noor. Juliansyah. 2010.Metodologi Penelitian. Kencana prenada media group. Jakarta

Sensus pertanian.2013. Hasil Sensus Pertanian Tahun 2013.http://st2013 .bps.go.id /st2013esya/booklet /st3524.pdf. sensus pertanian2013. Diakses tanggal 10 Januari 2015

Suranjaya dan Wijaya. anom. 2011. Aplikasi Rumus Penarikan Bobot Ternak Berdasarkan Ukuran Dimensi Tubuh Pada Kelompok Peternak Sapi Potong Di Desa Dauh Yen Cani Abiansemal Badung. http ://ojs.unud.ac.id /../1275.2086-2454-1-PB.pdf. diakses tanggal 02 Februari 2015.

UMKM.2013. Pola pembiayaan usaha kecil menengah. http://www.bi.go.id/id/umkm/kelayakan/polapembiayaan/peternakan/Documents/Pola%20Pembiayaan%20Usaha%20Kecil%20Menengah%2020Penggemukan%20Sapi%20 Potong.pdf . diakses tanggal 09 Januari 2015

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2021-11-25

How to Cite

Pratama, S. I. A., Dahlan, M., & Atma, A. A. (2021). Analisa Tata Niaga dan Keuntungan Pemasaran Sapi Potong di Koperasi Ternak Gunungrejo Makmur Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. International Journal of Animal Science, 4(04), 142–150. https://doi.org/10.30736/asj.v4i04.77

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2