Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen terhadap Pembelian Telur Ayam Ras di Pasar Wilayah Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i01.42Keywords:
Minat Konsumen, Telur Ayam RasAbstract
Penelitian dilakukan di pasar di Kecamatan Babat Lamongan melalui observasi dan wawancara terhadap responden yang merupakan pembeli telur di pasar tersebut. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Juni 2015 sampai dengan 30 Juni 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, nilai pelanggan terhadap minat membeli telur. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien regresi sebagai berikut: konstanta = -5,742, kualitas produk = 0,221, harga = 0,344, nilai pelanggan = 0,333. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas (kualitas produk, harga, dan nilai pelanggan) berpengaruh positif terhadap variabel terikat (minat beli). Untuk memperkirakan nilai kesalahan standar penelitian adalah 2,75. Artinya dispersi atau standar deviasi dari variabel Y (minat beli) ke garis regresi 2,75. Adapun nilai koefisien korelasi sebesar 0,82 yang berarti lebih besar dari taraf signifikansi 5% dan 1% yang membuktikan adanya korelasi antara variabel bebas (kualitas produk, harga dan nilai pelanggan) dengan vaiabel bound (pembelian bunga).
Downloads
References
Arikunto, S., 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Yogyakarta.
Ardiansyah, R, dan Winarningsih, 2013. Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen., Volume 1 Nomor 1. http://lamongankab.go.id/instansi/babat/profil/. Diakses tgl 28 April 2015.
Anonim, Babat Lamongan. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Babat,_Lamongan. Diakses tgl 28 April 2015.
Dwityanti, E., 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Layanan Internet Banking Mandiri. Magister Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.
Dewa, N.K, 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli. Magister Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.
Disnak Jatim, Data Statistik Populasi Ternak Kab/Kota di Jawa Timur. www.disnak.jatimprov.go.id/web/layananpublik/datastatistik/statistikpopulasiternak. Diakses tgl 16 April 2015.
Disnak Jatim, Data Produksi Ternak Kab/Kota di Jawa Timur. www.disnak.jatimprov.go.id/web/layananpublik/datastatistik/statistikproduksi. Diakses tgl 16 April 2015.
Fibrianti, S.M, dkk., 2012. Kualitas Telur Ayam Konsumsi yang Dibersihkan dan Tanpa Dibersihkan Selama Penyimpanan Suhu Kamar. Indonesia Medicus Veterinus 2012 1(3) : 408 – 416, ISSN : 2301-7848.
Ikasari, A.U, dkk., 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Penumpang KA Kaligung Mas di Stasiun Poncol Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Politic., Hal. 1-8 .
Kusumanegara, E.T, 2012. Analisis Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Melakukan Pembelian di Baskin Robbins Ice Cream Mal Ciputra Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.
Mardikawati, W, dan Farida, N., 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis., Volume 2, Nomor 1.
Nurcholis, dkk., 2009. Tatalaksana Pemeliharaan Ayam Ras Petelur Priode Layer di Populer Farm Desa Kuncen Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian.
Siwantara, I.W, 2011. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan serta Kinerja Customer Relantionship management (Studi pada Halo Corporate PT Telkomsel Bali). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan., Vol. 7 No. 3.
Zulfikar, 2013. Manajemen Pemeliharaan Ayam Petelur Ras. Fakultas Pertanian. Unsyiah.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Galih Adhy Raharja, Edy Susanto, Afif Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.