Pengaruh Penambahan Tepung Lempuyang Gajah (Zingiber Zerumbet) terhadap Kualitas Fisik dan Organoleptik Daging Ayam Broiler

Authors

  • Arif Aria Hertanto Program Studi Peternakan
  • Ratna Kumala Dewi
  • Ahmad Awwaludin

Keywords:

Broiler, Tepung, Lempuyang, pH

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penambahan sari lempuyang gajah dalam pakan terhadap kualitas daging ayam broiler. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam broiler berumur 15 hari (DOC) “Day Old Chicken” tanpa dibedakan jenis kelaminnya (unsex), sebanyak 60 ekor dengan berat kisaran 450-500 gr yang diambil dari PT. Wonokoyo pada bagian dada pada ayam tersebut sebagai bahan penelitian. Penelitian ini menggunakan 3 perlakuan (0%, 2%, 5%, 7%) dengan 3 kali ulangan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (Anova) dengan tujuan mengamati kualitas fisik (nilai Ph dan susut masak) dan kualitas organoleptik (warna, tekstur, aroma dan rasa pada daging ayam broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung lempuyang gajah dalam pakan ayam pedaging memberikan pengaruh yang nyata terhadap kualitas daging. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan tepung lempuyang gajah dapat diberikan pada ayam pedaging sampai pada level 5 % pakan agar kualitas ayam pedaging meningkat seperti: nilai ph yang bagus, susut masak yang tinggi, warna yang agak cerah kemerahan, tekstur yang empuk, aroma yang tidak bau, dan rasa yang agak gurih. Hal ini terjadi karena tanaman lempuyang gajah itu senfiri mengandung minyat atsiri yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur yang mampu menjaga kesehatan dan menambah nafsu makan ayam pedaging.

Downloads

Download data is not yet available.

References

References

Darwis SN, Madjo ABD, Hasiyah S. 1991. Tanaman Obat Famili Zingberaceae. Bogor: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri.

Evizal. 2013manfaat Tanaman Lempuyang Gajah. P. Mardika . Surabaya.

Hariyanto. 1983. Petunjuk Bertanam dan Kegunaan Lempuyang. Karya Anda. Surabaya

Murtidjo, B.A. 2003. Pemotongan dan Penanganan Daging Ayam. Yogyakarta : Kanisius

Suhirman, S., Hernani dan Cheppy, S. 2006. Uji Toksisitas Ekstrak Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet) terhadap Larva Udang (Artemia salina Leach). Bul. Littro 17 : 30 – 38.

Soeparno. 1994. Ilmu dan Teknologi Daging. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Tobri, Mad. 2005. Kualitas Fisik dan Organoleptik daging ayam broiler yang ransumnya diberi penambahan minyak ikan yang mengandung omega-3, Skripsi,Bogor:Program Studi Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian. Bogor.

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2023-07-31

How to Cite

Aria Hertanto, A., Dewi, R. K., & Awwaludin, A. (2023). Pengaruh Penambahan Tepung Lempuyang Gajah (Zingiber Zerumbet) terhadap Kualitas Fisik dan Organoleptik Daging Ayam Broiler. International Journal of Animal Science, 5(04), 286–293. Retrieved from https://animalsciencejournal.unisla.ac.id/index.php/asj/article/view/115

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>