Analisis Perbedaan Penjualan Daging Ayam Broiler Di Pasar Cendere Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan Dengan Pasar Kliwon Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30736/asj.v5i02.105Keywords:
Pedagang, Pasar, Penjualan AyamAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan keuntungan pemasaran daging ayam broiler di pasar cendere karanggeneng dengan pasar kliwon kecamatan Dukun, serta mengetahui tingkat penjualan ayam broiler di pasar Cendere Karanggeneng dengan pasar kliwon. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus, survei dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan jika terdapat perbedaan tingkat penjualan di pasar Cendere dan pasar Kliwon. Pasar Cendere paling banyak dapat menjual 35 ekor dengan keuntungan sebesar 273.000, sedangkan Pasar Kliwon paling banyak dapat menjual 150 ekor dengan keuntungan 1.335.000 diambil dari jumlah penjual terbanyak.
Downloads
References
BP, Dewi. 2019. Analisis Pendapatan Pedagang Karkas Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kabupaten Bantul. Naskah Program Studi Peternakan.
Burhanudin, (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Press.
D. P. Amelia*, S. H. Pusrnomo, Sudiyono. 2020. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Kampung di Pasar Tradisional Kota Surakarta. Jurnal Sains Peternakan Vol. 16 (1), Maret 2018.
Ismanto, Arif, et al., (2018). Analisis Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Produk Karkas Ayam pedaging Segar di Pasar Tradisional Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Peternakan Dan Veteriner Tropis (Journal Of Tropical Animal and Veterinary Science), 8.2: 69-82.
Kotler, P., Amstrong, G., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of marketing. Britania Raya: Pearson.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016), Marketing Management, Edisi : 15e, United States of America: Pearson Education
Kwadzo, G. T., Dadzie, F., Osei-Asare, Y.B., & Kuwornu, J. K. (2013). Consumer preference for broiler meat in Ghana: a conjoint analysis approach. International Journal of Marketing Studies, 5(2), 66.
Marzuki. 2003. Metodologi Riset. Yogyakarta: Prasetya Widi Pratama.
Mayulu, H., Rahman, A., & Yusuf, R. (2019). Consumer's Preference of Broiler Meat Attributesin Traditional Markets. Hasanuddin J. Anim. Sci, 1(2), 28–36.
Nasution, Ajib Shah. 2019. Analisis Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Binjai. Skrispi Sarjana Universitas Sumatera Utara.
Nurfadila. 2020. Analisis Usaha Ternak Ayam Broiler (Studi Kasus Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone). Skripsi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar.
Prayitno, A. H., & Suryanto, E. (2010). Kualitas fisik dan sensoris Daging Ayam Broiler yang Dibei pakan dengan Penambahan Ampas Virgin Coconute Oil (VCO)(physical and Sensory Quality of Meat of Broiler Chicken Fed with The Addition of Virgin Coconut Oil Waste). Buletin Peternakan, 34(1), 55-63.
Putra, A. 2015. Persentase karkas itik Cihateup-Alabio (CA) pada umur pemotongan yang berbeda. Jurnla ilmu produksi dan teknologi hasil peternakan. Vol. 03 No. 1, edisi Januari 2015 hal 27-32.
Setiawan, G. 2006. Kinerja produksi ayam broiler yang di beri limbah restoran hotel sahid sebagai pengganti dedak padi. Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor, Bogor.Setyono Dwi Joko dan Ulfah Maria. (2011). 7 Jurus Sukses menjadi peternak Ayam Ras pedaging Jakarta: Swadaya.
Sutriyono, J. Setianto. 2019. Pendapatan Pedagang Ayam Kampung pada Pasar Tradisional di Kota Bengkulu. Jurnal Sain Peternakan Indonesia.
Yudianto Mandak, B. Rorimpandey. 2017. Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kota Manado (Study Kasus Di Pasar Bersehati Calaca Dan Pinasungkulan Karombasan). Jurnal Zootek Vol. 37 No. 1 : Januari 2017.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Mudrikul Falaq, Nuril Badriyah, Alfian Adi Atma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.