Pengaruh Harga Jual terhadap Volume Penjualan Pedagang Pengecer Telur Ayam Ras di Pasar Tradisional Kota Lamongan

Authors

  • Muchmammad Ulul Albab Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Dyah Wahyuning Aspriati Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Arif Aria Hertanto Program Studi Peternakan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i02.45

Keywords:

Harga Jual, Volume Penjualan, Telur Ayam Ras

Abstract

Pengumpulan data penelitian dilaksanakan mulai tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 12 Juli 2015 dipasar tradisional kota Lamongan yaitu Pasar Sidoharjo, pasar Lamongan Indah (LI) dan pasar ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga jual terhadap volume penjualan pada pedagang pengecer telur ayam ras di pasar tradisional kota lamongan. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai informasi untuk para pedagang dalam meningkatkan volume penjualan telur ayam ras dipasar tradisional kota lamongan. Materi penelitian adalah Metode kuesioner terbuka digunakan untuk mengetahui pengaruh harga jual terhadap volume penjualan pedagang pengecer telur ayam ras di pasar tradisional kota Lamongan yaitu pasar sidoharjo sebanyak 18 responden, pasar lamongan indah (LI) sebanyak 6 responden dan pasar Ikan sebanyak 5 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis (eksplanatori). Penelitian ini akan menjelaskan tentang hubungan kausal antara variabel independen yaitu harga jual terhadap variabel dependen yaitu volume penjualan pedagang pengecer telur ayam ras di pasar tradisional kota Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuesioner yang diajukan kepada responden untuk mendapatkan data primer yang akurat dan terpercaya. Pertanyaan dalam kuesioner tersebut berupa pertanyaan terbuka dan tertutup serta dengan cara observasi yaitu pengamatan langsung terhadap lokasi penelitian dalam hal ini pedagang pengecer di pasar tradisional Kota Lamongan. Analisa data yang digunakan adalah statistik inference yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan. Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, pengaruh harga jual terhadap volume penjualan pedagang pengecer telur ayam ras dipasar tradisional kota lamongan adalah r hitung > dari r tabel 5 % ataupun 1 % yang artinya ada hubungan yang signifikan antara pengaruh harga jual terhadap volume penjualan pedagang pengecer telur ayam ras di pasar tradisional kota lamongan sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima (terdapat pengaruh).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhiana, Yoga, M, Nugroho Ali B. Hartono B. 2014. Efesiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan RinginRejo Kabupaten Kediri.Jurnal.Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Malang.

Fitria, Andi A.N, 2013. Pengaruh Harga Jual dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan Telur Itik di Kota Makassar.Skripsi.Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Hamida, 2012.Pengaruh Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Pedagang Pengecer Ayam Buras di Makasar. Skripsi.Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin. Makassar.

Hiroko, P. 2014. Pengaruh Lama Simpan dan Warna Kerabang Telur Ayam Ras Terhadap Indeks Albumen, Indeks Yolk dan Indeks pH Telur.Skripsi. Jurusan Perternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Lampung.

Jazil, A, Hintono, Mulyani, S. 2012.Penurunan Kualitas Telur Ayam Ras Dengan Intensitas Warna Coklat Kerabang Berbeda Selama Penyimpanan. Jurnal. Program Studi Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Dipenogoro. Semarang.

Nasrul Haq, A. 2015. Kualitas Fisik daging Sapi Dari Pasar Tradisional Di Bandar Lampung.Skripsi. Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Lampung.

Raharjo Ari WB, Elida T. 2007. Ketersediaan PanganAsal Ternak dan Ikan di DKI Jakarta.Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Depok. Depok.

Rangkuti. F. 2009. Pengertian Volume Penjualan.http://xerma.blogspot.com/2013/08/pengertian-volume-penjualan.html.Diakses pada 6 April 2015

Retno, Dyah W. 2011. Pengertian Pedagang Pengecer. http://dyhretnow.blogspot.com/2011/12/pengecer.html?m=1 Diaskes pada 26 Juli 2015

Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.Yogyakarta.

Swastha, B. 2008.Manajemen Pemasaran Modern.Liberty Offset. Yogyakarta

Wicaksono L.N, Drs. Harsasto P. M Si, Dra Astuti P, M S.i 2012.Presepsi Pedagang Pasar Terhadap Program Perlindungan Pasar Tradisioanal Oleh Pemerintah Kota Semarang.Jurnal. Jurusan Ilmu Pemerintah Universitas Dipenogoro. Semarang.

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2019-04-01

How to Cite

Ulul Albab , M. ., Aspriati, D. W., & Aria Hertanto, A. (2019). Pengaruh Harga Jual terhadap Volume Penjualan Pedagang Pengecer Telur Ayam Ras di Pasar Tradisional Kota Lamongan . International Journal of Animal Science, 2(02), 58–61. https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i02.45

Most read articles by the same author(s)