Pengaruh Performance Eksterior Kambing Betina terhadap Peningkatan Harga Jual Kambing pada Pedagang Broker di Pasar Hewan Tikung Lamongan

Supplementary Files

ARTICLE

Keywords

Performance Eksterior, Kambung Betina, Peningkatan Harga Jual, Pedagang Broker

How to Cite

Zuhri, S. ., Dahlan, M., & Aspriati, D. W. . (2021). Pengaruh Performance Eksterior Kambing Betina terhadap Peningkatan Harga Jual Kambing pada Pedagang Broker di Pasar Hewan Tikung Lamongan . International Journal of Animal Science, 2(01), 1 - 5. https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i01.37

Abstract

Penelitian di Pasar Hewan Tikung yang terletak di Desa Guminingrejo Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan, adapun waktu pengumpulan data yakni dimulai pada tanggal 15 April sampai dengan tanggal 10 Mei 2015. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Observasi, yaitu melakukan pengamatan langsung bentuk mulut, bentuk kaki, dan bentuk ambing terhadap ternak kambing yang akan di jual oleh pedagang broker. Wawancara, yaitu pengumpulan data yang dilakukan melalui interview langsung dengan pedagang kambing di pasar Tikung Lamongan. Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Regresi Linear berganda yang bertujuan untuk mengetahui/memprediksi adanya pengaruh performance eksterior sebagai penentu harga jual ternak kambing padapedagang broker di Pasar Tikung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa Performance eksterior berpengaruh terhadap harga jual kambing di Pasar Hewan Tikung Kabupaten Lamongan dengan angka koefisiensi regresi (r) = 0,9567Pengaruh tersebut ada pada bentuk kaki yang mempunyai nilai regresi 3,1882 selanjutnmya bentuk mulut dengan nilai regresi 2,0557 sedangkan nilai terendah ada pada bentuk ambing yaitu 2,0287.

https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i01.37

References

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab Lamongan. 2014.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Sarwono. B. 2007. Beternak Kambing Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta

Setiadi, B. 2003. Alternatif konsep pembibitan dan Pengembangan Usaha Ternak Kambing. Makalah Sarasehan “Potensi Ternak Kambing dan Propek Agribisnis Peternakan", 9 September 2003 diBengkulu.

Setiadi, B., D. Priyanto dan M. Martawijaya. 1997. Komparatif Morfologik Kambing. Laporan Hasil Penelitian APBN 1996/1997. Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor.

Seragih. 2001. Agribisnis Berbasis peternakan, Kumpulan Pemikiran. Penerbit USESE dan pusat studi pembangunan IPB, Bogor.

Sutisnah. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunitas Pemasaran. PT. Remaja Rosda Karya , Bandung.

Mulyono Subangkit. 2000. Tehnik Pembibitan Kambing dan domba Penebar Swadaya , Jakarta.

Sumopratowo R.M .1994 . Beternak kambing yang berhasil BhrataraNiaga Media ,Jakarta.

Rini. 2012. Pengaruh Performance Eksterial Sebagai Penentu Harga Jual Ternak Kambing Pada Pedagang Pengecer. Di Makasar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Array