Evaluasi Kelayakan Usaha Penggemukan Domba dan Kambing Milik H. Sholeh Berdasarkan Aspek Finansial dan Nonfinansial di Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

Authors

  • M. Yusuf Program Studi Peternakan
  • Dyah Wahyuning Aspriati Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan
  • Ratna Kumala Dewi Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i04.53

Keywords:

Evaluasi Kelayakan Usaha,, Domba, Kambing,, Aspek Finansial, Nonfinansial

Abstract

Penelitian dilaksanakan di peternakan milik Bapak H. Sholeh di Desa Banyutengah, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Waktu penelitian dilaksanakan selama empat bulan yaitu bulan Januari 2015 hingga April 2015. Penelitian ini menggunakan kriteria kelayakan usaha dari aspek nonfinansial dan kelayakan aspek finansial dari kriteria investasi yaitu  Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio  (NetB/C), Internal Rate of Return (IRR),Payback Period (PP). Dari hasil penelitian evaluasi kelayakan usaha domba dan kambing milik H. Sholeh berdasarkan aspek non finansial yang layak untuk dijalankan adalah aspek pasar, aspek hukum, aspek sosial dan ekonomi, dan aspek lingkungan, sedangkan  aspek manajemen belum layak untuk dijalankan. Evaluasi kelayakan usaha berdasarkan aspek finansial layak dijalankan karena NPV  lebih besar dari nol yaitu sebesar 1.157.000 rupiah dengan umur usaha delapan tahun. Nilai  Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) lebih besar dari satu yaitu 1,08. Nilai Internal Rate of Return (IRR) adalah 9,18 persen, lebih tinggi dari tingkat  Discount Rate (DR) yang ditentukan yaitu 7 persen. Payback Period (PP) yang dihasilkan dari analisis tersebut adalah delapan tahun atau sama dengan umur ekonomis usaha yaitu delapan tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.2014. Statistik Peternakan.

Direktorat Jendral Peternakan. 2014. Statistik Peternakan. Jakarta: Direktorat Jendral Peternakan.

Dodo E. 2007. Analisis kelayakan usaha ternak kambing melalui aksi partisipatif. Studi kasus: Kelompok Tani Harapan Mekar, Situgede, Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat. [skripsi]. Bogor: FAKULTAS Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Farida WR. 1998. Pengimbuhan konsentrat dalam ransum penggemukan kambing muda di Wamena, Irian Jaya. Jurnal Media Veteriner 5 (2).

Fitrial. 2009. Analisis tingkat kelayakan finansial penggemukan kambing dan domba pada Mitra Tani Farm di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Gittinger JP. 1986. Analisa Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Jakarta : UI Press.

Ibrahim Y. 1998. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Jakfar M dan Irwan. 2010. Analisis ekonomi penggemukan Kambing Kacangberbasis sumber daya lokal. Jurnal Sains Riset 1.

Johan S. 2011. Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasmir, Jakfar. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mankiw G. 2007. Makroekonomi. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Nurmalina R, Sarianti T, Karyadi A. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Bogor: Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Priyanto D dan Rusdiana S. 2008. Analisis ekonomi penggemukan ternak domba jantan berbasis tanaman ubi kayu di perdesaan. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Purbowati E. 2011. Usaha Penggemukan Domba. Jakarta: Penebar Swadaya

Rosid A. 2009. Evaluasi kelayakan usaha ternak kambing perah Peranakan Etawa (PE) di Peternakan Unggul, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. [skripsi]. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Umar H. 2007. Studi Kelayakan Bisnis Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis Secara Komprehensif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widodo SW. 2010. Analisis kelayakan usaha penggemukan domba pada Agrifarm Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. [skripsi]. Bogor. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Additional Files

PlumX Metrics

Published

2019-11-01

How to Cite

Yusuf , M., Aspriati , D. W. ., & Dewi, R. K. (2019). Evaluasi Kelayakan Usaha Penggemukan Domba dan Kambing Milik H. Sholeh Berdasarkan Aspek Finansial dan Nonfinansial di Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik . International Journal of Animal Science, 2(04), 98–103. https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i04.53

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>