Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Peternak dalam Memulai Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan

Supplementary Files

ARTICLE

Keywords

Keputusan Peternak
Usaha,
Sapi Potong

How to Cite

Mustofa , A. N. . ., Aspriati , D. W. ., Muhammad , A. ., & Badriyah, N. (2021). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Peternak dalam Memulai Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. International Journal of Animal Science, 2(03), 63 - 69. https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i03.47

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Peternak dalam Memulai Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Penelitian dilaksanakan di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Waktu penelitian dilaksanakan tanggal 01-30 Juni 2015. Penelitian ini menggunakan metode purpose sample dengan responden sebanyak 30 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa  faktor-faktor yang berkorelasi negatif terhadap pengambilan keputusan dalam memulai usaha ternak sapi potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan adalah ketersediaan modal r=(-0,007), pengetahuan peternak r=(-0,034), keinginan memperoleh status sosial yang tinggi r=(-0,004), ketersediaan sarana prasarana pendukung usaha r=(-0,040). Sedangkan faktor-faktor yang berkorelasi positif terhadap pengambilan keputusan dalam memulai usaha ternak sapi potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan adalah keinginan memperoleh pendapatan r=(0,000), adanya dukungan dari pemerintah r=(0,000), minat r=(0,000) dan keberanian mengambil resiko r=(0,000). Sebaiknya dinas peternakan maupun instansi melakukan penyuluhan peternakan berkala dan teratur kepada masyarakat peternak sapi potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Sebaiknya dinas peternakan maupun instansi terkait menyusun program dan melakukan pendampingan yang efektif demi pengembangan ternak sapi potong di Desa Kedungkumpul Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. Sebaiknya penelitian yang telah dilakukan oleh akademisi / mahasiswa segera di tindak lanjuti oleh petugas peternakan setempat, sehingga program-program yang telah dicanangkan pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

https://doi.org/10.30736/ijasc.v2i03.47

References

Ahira, A. 2012. Status Sosial Ekonomi Masyarakat. http//www-.anne-ahiara.com.status.sosial.ekonomi.masyarakat.html. Diakses {Tanggal 10 April 2013}.

Data statistik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan. 2014.

Juwita. 2012. Struktur, Status, Peran dan Stratifikasi Sosial.RepositoriFakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Kalituri. 2012. Resiko Usaha Peternakan Rakyat Ayam Ras Petelur di Sumatera Barat. Tesis Program Pascasarjana.Institut Pertanain Bogor.

Kasmir. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi enam. PT Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Luthan, F. 2006. Menyongsong Rencana Kecukupan Daging 2010. Prosiding Orasi dan Seminar Pelepasan Dosen Purna Tugas. Fakultas Peternakan. Universitas Gadjah Mada. Yogjakarta.

Meredith dan Geoffrey G. 2000.Kewirausahaan Teori dan Praktek.PT. Pustaka Binamah Prassindo. Jakarta.

Munir, R.A,. 2011. Aplikasi Analisis Faktor Untuk Persamaan Simultan. Laboratorium Kompetensi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Makassar.

Mulyajho. 2012. Aspek Keuangan dalam Prespektif Studi Kelayakan Usaha.http://mulyajho.blogspot.com/2012/08/ Aspek –keuangan- dalamprespektif-studi –kelayakan- usaha.html. Diakses {Tanggal 10 April 2013}.

Pristiana, U. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wanita Berwirausaha Di Kota Surabaya.Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol.9 No. 1 :28-69.

Rasyaf, M. 2001. Manajemen Bisnis Peternakan Ayam Petelur. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Rianto, Edi dan Purbowati, 2009 Endang. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sarosa, P. 2003.Kiat praktis Membuka Usaha. Elex Media Komputindo.Jakarta.

Sinaga, W. 2009. Analisis Peran dan Strategi Pengembangan Subsektor Peternakan dalam Pembangunan. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Institut Pertanian BogorKabupaten Cianjur.

Siregar, 2008. Penggemukan Sapi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suryana. (2003). Kewirausahaan. Salemba Empat, Jakarta

Sholihat, S. 2002. Analisis Kebutuhan dan Alokasi Fasilitas Pelayanan untuk Kegiatan Produksi Peternakan Di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Jurusan Sosial Ekonomi Industri Peternakan. Skripsi Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Winoto, W. 2012. Persiapan Memulai Usaha Agar Sukses. http:www/wahyuwinoto. co./2012/persiapan-memulai-usaha-agar-sukses.com.Diakses {Tanggal 12 Februari 2013}.

Yusuf dan J. Nulik, 2008. Kelembagaan Pemasaran Ternak Sapi Potong di Timur Barat,NTT. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2019 Array